Pesan sponsor!

2009/11/14

Sooneung (수능)

♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥
~korean addicted~ ^-^V
♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥
ImageHost.org
Pagi yang sangat dingin tanggal 12 November 2009 kemarin adalah waktu bagi semua pelajar yang lulus SMA untuk menentukan bisa tidaknya mereka melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan terlebih dahulu mengikuti ujian negara yang disebut Suneung (수능). Suneung mirip dengan SAT-nya Amrik jadi berbeda dengan SNMPTN-nya Indonesia. Perbedaannya adalah kalau SMPTN sebelum tes sudah memilih mau masuk universitas mana, sementara untuk Suneung di tes dulu dan hasil tesnya bisa menjadi modal untuk melamar ke universitas yang diinginkan. Sekitar 590.000 peserta yang akan ikutan Suneung di Korea.

Dari 590.000 peserta itu ada juga para selebritis Korea yang ikutan, seperti 2AM Jung JinWoon, 4Minute Heo GaYoon dan Jeon Jiyoon, SHINee MinHo dan FT Island JaeJin. Juga gak mau kalah, dari anggota boy band baru seperti BEAST Young JoonHyun, Jang HyunSeung, Lee GiGwang dan Son DongWoon ikutan duduk untuk ujian.

~Minho, Gayoon, Jaejin, Jinwoon~

Seperti yang kita liat di beberapa drama-drama dan film-film Korea, ujian ini digambarkan dengan kesibukan para pelajar-pelajar yang sering begadang di perpus-perpus sampe idung mimisan karena kebanyakan belajar. Penggambaran ini memang benar adanya sehingga seluruh Korea Selatan pun mendukung para pelajar yang ikutan tes, termasuk memundurkan jam kerja ke jam 10 siang sehingga tidak mengganggu para peserta tes menuju lokasi tesnya.
Image and video hosting by TinyPic
~perpusnya penuh ya~

Airport nasional juga tidak memperbolehkan pesawat untuk landing ataupun take off supaya tidak mengganggu konsentrasi para siswa, dan kalaupun memang ada penerbangan, pesawat diharapkan berada di ketinggian lebih dari 10.000 kaki supaya tidak bising. Selain itu PLN Korea sudah standby dengan 4.000 petugas jaga supaya tidak tiba-tiba mati lampu pada saat tes. Persiapan yang mantab!

Selain itu, Orangtua siswa juga tidak kalah sibuk, mereka ramai mengunjungi kuil untuk berdoa. Malah ada orangtua yang sampai berdoa (berlutut-berdiri berkali-kali) sebanyak 1.000 kali supaya anaknya bisa lulus. Amazing!
ImageHost.org
Selain banyak keikutsertaan semua pihak itu, para musisi juga gak kalah dalam memberikan support. Mnet, sebagai televisi entertainment di Korea mengadakan konser musik bertajuk 'Oh Good!' yang didukung oleh banyak penyanyi, seperti 2PM (1st comeback after Jay withdraw), MBLAQ, U-Kiss, Secret, Ivy, IU, Supreme Team, See Ya dan masih banyak penyanyi lainnya termasuk band yang punya member peserta tes: 4Minute, FT Triple dan Beast.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjsykLvH3CiX8Jnoc8l0Q1ES50EAviqGMhK-RHnMCLwiDES0xanh7X7FlVjoOHJsaHQDn0gS2lYUBOZWVYsU5SI8clCZeO1ti6y0iJX84TAsvPol1pwKBbL5cEGR39xQeHgdZ_Cr6z2BxQ/s1600/2jbr0ba.jpg
Pendidikan memang nomor 1. Mau idol atau bukan, semua berlomba-lomba berbuat yang terbaik saat ujian itu. Coba di Indonesia memiliki suasana yang seperti itu saat SNMPTN plus biaya gratis (lebih baik) mungkin negara kita bisa lebih maju jika pendidikan dinomor 1-kan.

No comments:

Post a Comment

KoreanAddicted