Pesan sponsor!

2010/07/29

Evaluasi No Other dari Dong –A –Ilbo & Im Jin mo

~korean addicted~ ^-^V
from Starjunior's 13town 2009 by Gaze's juniors via sapphirepearls|share by koreabanget!
http://3.bp.blogspot.com/_-x7gqq9QJuA/TFEhARJCbMI/AAAAAAAANXk/CU14cqPVa-k/s1600/1+koreabanget.jpg
Im Jin mo ~ kritikus musik~ mengaku agak miris melihat keadaan ini, dan dirinya menyoroti 3 grup tenar yang memiliki jumlah personil terbanyak untuk mengambil kesimpulan sederhana, yaitu Super Junior, SNSD, dan After Dchool. Ketiga grup ini menjadi acuan sementara untuk membahas proses pembagian part lagu berdurasi 3-4 menit.

Koran nasional Dong –A –Ilbo membuat bagan sederhana pembagian solo part. Adapaun dari performance di Musik Bank, Music Core dan Inkigayo, ~Girls Generation, Super Junior, 4minute, After School, Infinite, MBLAQ, f(x))~ mendapat jatah rata – rata 16 detik diluar chorus.

No Other~ Super Junior yang berdurasi 3 menit dievaluasi, dan hasilnya mereka memiliki pembagian part :
  • Kyuhyun 25 s
  • Donghae 12 s
  • Ryeowook 26 s
  • Sungmin 25 s
  • Siwon 13 s
  • Shindong 8 s
  • Yesung 13 s
  • Eunhyuk 31 s
  • Leeteuk 13 s
  • Heechul 25 s
Hasilnya cukup surprise ~ Eunhyuk mendapat part terbanyak dalam No Other ~ 31 detik, sedangkan Shindong yang paling kecil~ 8 detik~. Dan part Heechul-pun kali ini mencapai 25 detik, 6 kali lebih banyak dari partnya di Sorry-Sorry. Padahal usahanya yang kerap berpromo di variety tentang minimnya durasi part solo di lagu – lagu SJ membuahkan hasil, kini kritikus music menyematkan sebuah julukan yang mewakili “ciri khas” idol-singing-group di dunia K-pop. ~The Beauty of Four Seconds~.

Beauty of 4 second disematkan pada Heechul yang hanya punya waktu 4 detik di Sorry Sorry agar wajah dan suaranya terekam di layar kaca, tapi dalam 4 detik tersebut dia berhasil meninggalkan kesan mendalam bagi penonton.

Menurut sang kritikus musik ini saat menilai fenomena penyanyi K-pop saat ini yang mungkin tidak pernah ia temui saat jamannya dulu. Penyanyi saat ini lebih mengandalkan penampilan fisik tapi minim dalam skill menyanyi. “Sekarang ini, mereka bisa menyebut dirinya sebagai “singer” meski hanya bernyanyi 4 detik!

Bagimanapun dengan kecanggihan teknologi sekarang ini dimana para pengunggah video bisa dengan leluasa mengutak – atik video para penampil. Mereka kini dengan mudahnya mampu menghilangkan suara background music, dll. Mau tidak mau hal tersebut memaksa para idol group ini untuk membenahi setiap penampilan dan mengasah skill bernyanyinya agar tidak menerima kecaman.

Meski hanya kebagian solo 4 detik-pun mereka tetap harus berlatih keras agar tidak fals saat live, karena kejelian para netizen sudah bukan isapan jempol belaka. Mereka mampu menangkap kesalahan sekecil apapun, suara fals, kesalahan teknis, dll dan terlebih lagi mereka tidak menerima “kesalahan teknis” dijadikan alasan mereka tampil jelek.

Jin Mo menambahkan bahwa tidak ada larangan untuk berkarir sebagai singer-group, tapi pembagian miim seperti itu berimbas pada “malas”-nya para singer tersebut mengasah kemampuan karena berpikir “toh bagianku hanya sedikit..”

Selain itu, Jin Mo juga menyoroti dampak dari segi psikologi~ anggota yang partnya sedikit akan merasa tersisihkan, hingga perpecahan grup.

Menurutnya, di dunia musik Pop saat ini, lebih sedikit ruang untuk penyanyi dengan bakat yang nyata. “

No comments:

Post a Comment

KoreanAddicted